Kunjungi 7 Wisata Alam di Pasuruan Paling Cantik

source : travelingyuk

Percayakah kalian jika Pasuruan memiliki segudang lokasi wisata yang amat menakjubkan? Apabila kalian masih ragu, ada baiknya untuk langsung berkunjung ke daerah yang akrab dikenal dengan sebutan “Kota Santri” tersebut. Segera nikmati 7 wisata alam di Pasuruan paling indah bersama kerabat terdekat.

Untuk jalan-jalan ke sini, kita bisa nyiapin banyak hal perlengkapan, seperti power bank dari anker yang rekomended untuk teman-teman yang doyan jalan-jalan nih.


Pasuruan dan Kearifan Lokal


Secara geografis Pasuruan menjadi wilayah yang tinggi akan sektor pertaniannya. Sistem pemerintahannya pun dibagi menjadi dua, yakni Kota dan Kabupaten. Meski begitu tidak lantas membuat ‘Kota Santri’ ini menjadi terpecah belah.

Selain itu, bagi kalian yang berada di kawasan Surabaya bisa dengan cepat dan mudah sampai di Pasuruan hanya dalam hitungan menit. Fasilitas umum berupa jalan tol dibangun oleh Pemerintah guna memperlancar jalur transportasi masyarakat.

Tidak hanya fasilitas berupa jalur transportasi saja, pihak Pemerintah juga turut mengembangkan sektor perekonomian masyarakat dengan mengelola dan berupaya memunculkan beragam destinasi wisata alam cantik. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pantai Lekok

source: WartaBromo

Pasuruan memang identik dengan pesisir, dimana sebagian besar masyarakat selain bekerja dibidang pertanian juga berprofesi sebagai nelayan. Sehingga tidak heran jika dibeberapa pasar tradisional menjual ikan yang masih segar.

Selain dimanfaatkan sebagai penghasil mata pencaharian masyarakat, kalian juga menikmati keindahan pesisirnya kala sore hari. Terutama di Pantai Lekok yang berada di kawasan Kabupaten Pasuruan. Pengunjung akan dibuat takjub dengan adanya sunset seperti di Pantai Kutha Bali.
Bahkan tidak jarang banyak wisatawan dari luar daerah datang saat ajang pertunjukan pesta rakyat. Pantai Lekok kerap kali dijadikan sebagai perayaan tersebut, yakni dengan adanya Sky Lot atau bermain diatas lumpur.

BACA JUGA : 5 PANTAI DI JAWA TIMUR PALING ROMANTIS

2. Pantai Penunggul

source: ihategreenjello.com

Pantai yang terletak di Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan ini diberi nama Penunggul sesuai dengan letak desanya. Di sana kalian bisa menikmati pemandangan berupa hutan bakau dari kejauhan dan hamparan pasir putih yang bersih.

Jika kalian sedang dalam fase krismon alias krisis moneter jangan khawatir, sebab siapa saja yang berkunjung ke Pantai Penunggul hanya akan dikenakan tarif parkir sebesar 5000 rupiah. Dengan budget demikian, wisatawan sudah bisa menikmati kecantikan alam tersebut sepuasnya.

Bahkan jalur yang dilalui untuk sampai ke Pantai Penunggul juga sangat mudah, sebab berada di perbatasan antara Pasuruan dan  Probolinggo. Sehingga kalian tidak perlu khawatir akan jalanan berlubang atau berbahaya.

3. Pemandian Banyu Biru

source: jadwaltravel

Pemandian Banyu Biru ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat tepat dijadikan tempat untuk melepas penat. Jajaran kolam dengan air alami serta bebatuan didasarnya dipastikan mampu mengembalikan gairah beraktifitas kalian.

Pemandian Banyu Biru ini terletak di Desa Sumber Rejo, Winongan Kidul, Kabupaten Pasuruan. Meskipun jalur yang dilalui cukup sulit sebab jalan beraspal masih banyak lubang, akan tetapi semua itu akan terbayar setelah sampai di sana.

Cukup dengan membayar tiket seharga 7000 di hari biasa dan 10.000 saat weekend, kalian sudah bisa menikmati dan mencoba semua kolam pemandian yang ada di sana. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat berkeliling melihat beragam satwa disekitarnya.

4. Candi Gunung Gangsir

source: pesonawisataindonesia

Siapa bilang jika ingin mengunjungi situs sejarah harus jauh-jauh ke Blitar atau Jogja?.
Tidak hanya identik dengan beragam pantainya, Pasuruan juga memiliki situs sejarah yang cantik yakni Candi Gunung Gangsir. Lokasinya berada di Desa Gunung Gangsir, Dusun Keboncandi, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.

Candi Gunung Gangsir ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal sebab ingin mengetahui cerita dibalik sejarah berdirinya bangunan tersebut. Dikisahkan bahwa pada zaman dahulu dibagian dalamnya tedapat benda berharga sehingga ada seseorang yang berusaha mencurinya.

Selain mengetahui cerita sejarahnya, kalian juga bisa mengabadikan moment untuk mengisi feed instagram atau mencetaknya. Terlebih lagi jika menjelang sore, keindahan awan berwarna jingga akan terlihat dengan jelas.

5. Kebun Raya Purwodadi

source: travels promo

Ingin mengabiskan waktu dengan menghirup udara segar dan bebas dari polusi?.
Kebun Raya Purwodadi adalah solusinya. Kalian bisa menikmati suasana layaknya di bukit penuh tumbuhan hijau dan bunga warna-warni. Lokasinya berada di Jl. Raya Surabaya-Malang, No.Km.65, Sembung Lor, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan.

Perlu kalian ketahui bahwa tempat ini merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia seperti, Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Bali. Sehingga tidak mengherankan jika Kebun Raya Purwodadi begitu banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.
Kecantikan dari Kebun Raya Purwodadi ini pertama kali didirikan oleh orang Belanda bernama Dr. Laurens Gerhard Marinus Baas Becking saat jaman penjajahan dahulu. Taman ini ditumbuhi lebih dari 10.000 jenis tumbuhan, sehingga kalian bisa leluasa memilih spot foto tercantik untuk kenang-kenangan.

6. Bukit Flora

sumber: pesona wisata indonesia

Selain Kebun Raya Purwodadi, saya juga merekomendasikan Bukit Flora Pasuruan sebagai tempat pilihan untuk menghabiskan liburan dan meletakkan segala penat. Letaknya berada di Desa Tutur,
Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan.

Bukit Flora ini berada diketinggian 700 Mdpl sehingga udara disekitar terasa sejuk dan menenangkan, serta bebas dari hiruk pikuk bising kendaraan bermotor. Kalian bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan bermain outbond seperti flying fox atau titian tali.

7. Air Terjun Gumandar

source:wisatasia

Air Terjun Gumandar begitu banyak dikunjungi oleh wisatawan sebab keunikannya, yakni airnya yang jatuh tidak mengalir di aliran sungai, melainkan langsung masuk ke dalam tanah. Lalu selanjutnya akan keluar di pemukiman penduduk.

Air Terjun Gumandar ini berlokasi di Jalan Raya Prigen, Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Bagi kalian yang memiliki nyali tinggi, bisa mencoba untuk bermain perosotan diantara aliran airnya, asalkan tetap menjaga keselamatan diri.

Nah, untuk sobat yang ingin mengabadikan foto kenang-kenangan di 7 wisata di pasuruan tersebut, bisa dengan menggunakan smartphone samsung s10 lite yang kekinian, dan cocok banget dibawa saat traveling.

7 wisata alam di Pasuruan paling cantik yang telah Saya jabarkan di atas semoga bisa kalian jadikan opsi tempat berkunjung. Jangan lupa ajak kerabat dekat agar nuansa berlibur semakin seru dan selalu siapkan kamera untuk mengabadikan momen.

2 komentar

  1. A visit to this ancient temple will delight even the most sophisticated travelers who have traveled to many countries, since the temple has been perfectly preserved today.

    BalasHapus
  2. The tourists come to these places in order to visit the most attractive sights. Most of the architectural structures still keep a historical past

    BalasHapus