7 Tempat Wisata di Situbondo Paling Hits dan Populer


Indonesia terdiri dari beberapa pulau dengan banyak kebudayaan dan tempat wisata. Tidak heran, jika Indonesia sering dijadikan tujuan wisata para turis. Di mana, tempat wisata yang dimiliki tidak hanya pantai saja, tapi destinasi wisata lain pun ternyata banyak.

Salah satu daerah dengan tempat wisata yang populer adalah Situbondo. Di daerah ini terdapat banyak tempat wisata yang sayang dilewatkan jika berkunjung ke sini. Bahkan, ada beberapa tempat wisata baru di Situbondo yang tentunya sudah populer. Penasaran tempat wisatanya apa saja? Yuk, ikuti terus artikel ini.

Objek Wisata di Situbondo


1. Kampung Kerapu 


Situbondo terkenal dengan potensi budidaya ikan kerapu pada jaring karamba. Hal ini membuat pemerintah, menjadikan ikan kerapu sebagai ikon untuk menarik perhatian para wisatawan. Hal inilah yang menjadi latar belakang dari dibuatnya kampung kerapu. Kampung kerapu ini berbentuk dermaga lingkaran yang terletak di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo. Di tempat wisata populer Situbondo ini terdapat pertunjukan air mancur dan permainan cahaya di malam hari.

Tempat Wisata Pantai Daerah Situbondo


2. Pantai Pasir Putih 

source: Qupas

Nah, untuk kamu yang ingin pergi ke pantai saat berada di Situbondo, bisa banget. Karena, Situbondo sendiri memiliki wisata pantai yang unik dan beragam. Salah satu pantai yang cukup terkenal adalah pantai pasir putih. Di mana, pantai yang satu ini sudah memiliki beberapa fasilitas penunjang dan sarana yang memadai. Sementara, untuk lokasi lengkapnya terletak di Dusun Kembang Sambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo.

3. Air Terjun Talempong 

source : wisatadaerahku.com

Tempat wisata populer Situbondo yang selanjutnya adalah air terjun Talempong. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berlokasi di Desa Talempong, Kecamatan Banyuglugur, Situbondo. Wisata alam ini menyuguhkan pemandangan yang asri, air dan udara yang segar.

4. Puncak Rengganis Argopuro 

source : wisatakul.com

Selanjutnya ada puncak rengganis argopuro. Tempat yang satu ini sangat cocok untuk para pendaki. Lokasi dari puncak rengganis ini berada di Desa Baderan, Kabupaten Situbondo. Di puncak rengganis, sudah tersedia fasilitas yang memadai untuk para pendaki dan tentunya lingkungan disekitarnya pun sangat bersih. Puncak rengganis argopuro sendiri memiliki berbagai cerita mistis dan peninggalan yang menjadikannya populer di kalangan para pendaki.

5. Kampung Blekok 

source : kaskus

Kampung blekok merupakan tempat wisata populer Situbondo yang merupakan hutan bakau. Di mana, hutan bakau yang satu ini dibuat oleh pemerintah sebagai tempat wisata baru. Di hutan bakau tersebut, terdapat burung ardidae yang sering disebut dengan burung blekok. Biasanya, pada saat dore, semua burung blekok akan pulang ke sarangnya dan kamu bisa melihat hal tersebut.

6. Bajul Mati 

source : Travelingyuk.com

Kemudian ada bajul mati. Tempat wisata bajul mati sendiri terletak di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi. Hal unik yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah adanya gundukan tanah yang mirip dengan kepulauan raja ampat. Tempat wisata ini pun sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk menunjang kenyamanan para pengunjung.

7. Pantai Tampora

source : tempatwisataseru.com

Selain pantai pasir putih, wisata populer Situbondo yang terakhir adalah pantai tampora. Pantai yang sudah cukup populer ini berlokasi di Dusun Kalianget, Desa Banyuglugur, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo. Pantai tampora sendiri tertutup oleh lereng yang cukup tinggi dan untuk bisa mencapainya, perlu melewati medan yang susah. Sehingga, belum banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Namun, kealamian pemandangannya-lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini.

Nah, itulah beberapa wisata populer di Situbondo. Kamu pernah ke mana saja?

36 komentar

  1. Mantap nih tempat wisatanya... aq pingin banget ke bromo. Kalau ke bromo dari sini jauh gak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nggak terlalu jauh sih mas... Mampir kapan-kapan ke tempat wisata hits di Situbondo

      Hapus
  2. keren-keren banget tempat wisatanyaa, aku paling suka yang pantai pasir putih. Kayaknya kalau datang kesitu bisa ngilangin semua stress yang udah bersarang di otak akibat kerjaan.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pantai pasir putih ini memang salah satu destinasi wisata pantai yang populer di situbondo mas

      Hapus
  3. Menarik sekali... Insyaallah kapan2 aku akan berkunjung ke blekok dan juga tempat wisata yang lainnya

    BalasHapus
  4. Waah.. Situbondo..yang pernah masih pasir putih saja.. Smg next bisa nambah..
    Beteww nama bajul mati d malang juga ada bajul mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada juga ya mbak... Hehehehe semoga bisa ke bajul mati yang ada di Malang.

      Hapus
  5. Indonesia itu sangat indah ya, Mas. Salah satunya Situbondo. Dan saya belum pernah ke sana. Makanya mupeng lihat wisata-wisatanya yang super keren dan komplit. Mulai dari air terjun, pantai, puncak dan lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mas, Indonesia indah banget dari segi pemandangannya, sama saya juga mupeng

      Hapus
  6. Indah-indah banget deh, jadi bingung mau liburan kemana dulu nih >< Tapi kayaknya aku harus mulai dari Bajul Mati, bagus banget ituuuu abisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bisa bisa mbak, iya bagus banget emang :)

      Hapus
  7. Bajul mati itu sepertinya tempatnya unik ya. Ada gunung gitu diantara perairannya. Pasti datang ke tempat itu banyak spot foto yang bagus

    BalasHapus
  8. aku pernah ke pantai pasir putih
    sama ke waduk bajulmati

    kebetulan pas ke bajulmati itu aku ada proyek penelitian di sana, jadinya ya sekalian main dah

    BalasHapus
  9. Wowww keren-keren ya tempat wisatanya, makanya dulu teman-teman di proyek jalan betah banget kerjain proyek jalan di Bajulmati sana, soalnya bisa sekalian wisata hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, enak ya, ngerjain proyek sambil wisata ini ceritanya

      Hapus
  10. MAsyaAllah, cakep-cakep banget tempat wisata yang ada di Situbondo ini. Kapan ya bisa ke sana? Xixixi..

    BalasHapus
  11. Indonesia g akan habis di explore y kak. Selalu ada tempat2 indah di tiap daerah. Jujur aku baru tau beberapa tempat wisata di Situbondo karena baca blog kk.
    Dan semuanya wisata alam yang cantik dan mempesona, jadi pengen rencanain liburan keluarga kesana.

    BalasHapus
  12. Saya sendiri baru tau kalau Situbondo punya tempat yang ditulis diatas. Pantainya indah banget ya, sayang kurang ada promosi kayanya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kayaknya begitu kak, doakan semoga bisa promosi lebih baik

      Hapus
  13. Di Situbundo ada air terjun bernama Air Terjun Talempong mba? Serius itu namanya? Kok pakai nama Minang ya? Jangan-jangan ada keterkaitan sejarah tuh. Hehehe. Talempong dalam bahasa Minang (Sumatera Barat) itu sejenis alat musik pukul, mirip gamelan. Masya Allah mba, Kampung Kerapu keren bingitssss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hahaha, bisa jadi mbak, keren-keren sih tempat wisata di Situbondo

      Hapus
  14. Weiss mantul Mas... saya mupeng ke Kampung Kerapu deh, rada mirip crop circle dan jejak pendaratan UFO gitu yahh hehe... MasyaAllah, indahnya Situbondo... Wonderful Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh-waduh, kebanyakan konspirasi nih mbaknya xixixixi

      Hapus
  15. Belum pernah ke Situbondo, hiks ... Ternyata banyak destinasi wisata indah ya, di sana. Aku punya teman yang tinggal di Situbondo. Entah sudah berapa kali mengundang dengan pertanyaan, "Kapan main ke Situbondo? Nanti aku ajak jalan-jalan."

    Pantesan aja, tempatnya cantik-cantik begini ... Love-love, deeeh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak... Banyak destinasi yang menarik di Situbondo, so hayuk mampir

      Hapus
  16. Menarik sekali ya,destinasi wisata di Situbondo.
    Apalagi dengan adanya kampung kerapu,selain menarik minat pengunjung yang datang. Membudidaya ikan kerapu bisa menguntungkan tuk warga sekitar apabila telah masa panen raya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak.... Jadi berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat

      Hapus
  17. Ternyata banyak ya. Aku baru ke pasir putih aja. Maklum biasanya ke Situbondo cuma transit aja deh, jadi cari yang gampang2 aja rutenya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak, next semoga bisa ke tempat-tempat ini ya mbak.....

      Hapus
  18. Wow! SItubondo benar-benar indah sekali!
    Tak kalah dengan destinasi wisata yang menjual keindahan 'surga' alam seperti Karimunjawa, misalnya.
    bagus-bagus banget. Beneran bikin terpesona

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, indah banget... Makasih udah mampir ya mbak...

      Hapus